Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 14 Agustus 2010

RPP SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP / MTs : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / I
Standar Kompetensi : Berbicara, Membaca dan Menerjemahkan
Materi Pokok : School Life
Siklus Pembelajaran : Lisan (Oral)
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan ( 80 Menit )

1. Tujuan Pembelajaran
A. Kompetensi Dasar
Berbicara :
 Membaca nyaring bermakna kata, frasa dankalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasiyang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
 Siswa dapat berkomunikasi dan mampu menjabarkan kalimat santunan, terimakasih dan permintaan maaf.
Menerjemahkan :
 Peningkatan motivasi siswa untuk membaca dictionary dan penambahan kosakata baru agar siswa lebih berkreativitas.
B. Indikator
Berbicara, siswa mampu :
 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
 Membaca kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar.
 Membaca nyaring dengan baik dan benar.

Menerjemahkan, siswa dapat :
 Mengerti dan faham maksud dari materi tersebut
 Mengetahui cara dan bunyi teks tersebut.
2. Materi / Bahan Pembelajaran
The Review of Material
1. Ucapan-ucapan terimakasih
• Thank you
• Thanks
• Thank you very much
2. Ucapan-ucapan maaf
• I am sorry
• I am very sorry
• Please excuse me
• Please accept my apology
3. Ucapan-ucapan santunan
• Can I help you?
• Could you………..?

3. Metode / Teknik Pembelajaran
 Total physical response ( Pengenalan kosa kata baru )
 Presentation, Practice and Production ( Ungkapan Transaksional dan Interpersonal )

4. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( Opening Activities)
1. Salam
2. Greeting
Good morning students?
How are you, today?
3. Checking attendant list
4. Guru memancing agar siswa dapat merespon materi apa yang akan diajarkan



b. Kegiatan inti
1. Menjelaskan materi tentang “Pengumuman (Announcement)”
2. Guru memberikan latihan kepada siswa
3. Membaca teks pengumuman tersebut
4. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar
5. Membaca teks pengumuman dengan baik dan benar serta nyaring

c. Kegiatan Akhir / Penutup (Closing Activities)
 Mengulang sedikit materi yang telah disampaikan
 Menanyakan apabila ada kesulitan selama KBM berlangsung
 Guru mengahiri KBM dengan ucapan salam

5. Sumber dan Media pembelajaran
Sumber
 LKS Global Kelas VII Semester I
 English in Focus
Media
 Picture


6. Penilaian
1. Teknik
• Tes Unjuk Kerja

Teacher : Do you know what time is it?
John : ……………………………….
Teacher : Do you know what time of class begins?
John : ……………………………….
Teacher : That means you are late, Next time, don’t be late
John : ................................................

2. Bentuk
• Test Reading Aloud

Read aloud the following text

ANNOUNCEMENT
All students of SMP 1 are supposed to participate in celebrating of Indonesia Freedom of Day on Monday Augusts 17 2009. Each class must be showing the best own class. The categories of judging will be: clear of the class and students solidarity. Winner will receive prizes at the finishing ceremony in the Moro hall. For more information please confirm your class teacher.
Please be on time!!




Lembar penilaian Reading aloud


Aspek Skor Total
10 15 20 25

Fluency
Accuracy
Pronunciation
Intonation


Keterangan
1. Fluency
10: Bila terjadi hesitasi
15: Bila lancar tetapi masih ada hesitasi
20: Lancar
25: Sangat lancar
2. Accuracy
10: Semua ucapan tidak dipahami
15: Sebagian kecil ucapan sudah dapat di pahami
20: Sebagian besar ucapan sudah bisa dipahami
25: Semua ucapan sudah dapat dipahami
3. Pronunciation
10: Hampir semua ucapan tidak benar
15: Sebagian kecil ucapan sudah benar
20: Sebagian besar ucapan sudah benar
25: Semua ucapan sudah benar
4. Intonation
10: Tekanan atau irama smua kata salah
15: Tekanan atau sebagian kecil kata benar
20: Tekanan atau irama sebagian kata benar
25: Tekanan atau irama semua kata, frasa, kalimat benar

3. Instrument
a. Make a sentences and
b. Write the meaning in Indonesia
• Open your book
• Close your eyes
• Stand up
• Sit down
• Come here
• Clean the blackboard
4. Pedoman nilai
Jumplah skor maksimal :
1 = 50
3a = 25
3b = 25
Nilai Siswa : Jumplah skor yang diperoleh

Kunci Jawaban
1. John : Yes, Ma’am it’s seven thirty o’clock
John : Yes, Ma’am it’s seven o’clock.
John : Yes, Ma’am

2. a. Buka buku kalian
b. Tutup mata kamu
c. Berdiri
d. Duduk
e. Kemari
f. Bersihkan papan tulis




SMP / MTs : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / I
Standar Kompetensi : Berbicara, Membaca dan Menulis
Materi Pokok : To Be (Am, Is and Are)
Siklus Pembelajaran : Lisan (Oral)
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan ( 80 Menit )

1. Tujuan Pembelajaran
A. Kompetensi Dasar
Berbicara :
 Membaca nyaring bermakna kata, frasa dan kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
 Siswa dapat mengunakan To Be dalam percakapan sehari-hari.
Menulis :
 Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan To Be
B. Indikator
Berbicara, siswa mampu :
 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
 Membaca kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar.
 Membaca nyaring dengan baik dan benar.
Menulis :
 Mengerti dan faham macam-macam To Be
 Mengetahui bentuk To Be dalam berbagi kalimat

2. Materi / Bahan Pembelajaran
To be (am, is and are)
Pola kalimat :
a. Affirmative
I am Reading a newspaper

Playing video game
Are Studying English
Swimming

Is Writing
You
We
They
He
She
The boy

b. Negative
I am Reading a newspaper

Playing video game
Are Not Studying English
Swimming

Is Writing
You
We
They
He
She
The boy

c. Question
am I Reading a newspaper?
You Playing video game?
We Studying English?
They Swimming?
He
She Writing?


Are

Is





Yes I am
We
They are
You
He
She Is





No I am not
We
They are not
You
He
She Is not


3. Metode / Teknik Pembelajaran
 Total physical response ( Pengenalan kosa kata baru )
 Presentation, Practice and Production ( Ungkapan Transaksional dan Interpersonal )
4. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( Opening Activities)
1. Salam
2. Greeting
Good morning students?
How are you, today?
3. Checking attendant list
4. Guru memancing agar siswa dapat merespon materi apa yang akan diajarkan



b. Kegiatan inti
1. Menjelaskan materi tentang grammar dan penggunaan To Be (am, is and are)
2. Memberikan pola kalimat Affirmative, Negative dan Question
3. Guru memberikan latihan kepada siswa
4. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar
5. Membaca teks dengan baik dan benar serta nyaring
c. Kegiatan Akhir / Penutup (Closing Activities)
 Mengulang sedikit materi yang telah disampaikan
 Menanyakan apabila ada kesulitan selama KBM berlangsung
 Guru mengahiri KBM dengan ucapan salam

5. Sumber dan Media pembelajaran
Sumber
 LKS Global Kelas VII Semester I
 English in Focus
 Hand Book
6. Penilaian
1. Teknik
• Tes Unjuk Kerja
Andra : Hi, I (am/is) Andra
Una : Hello. We (is/are) Una and Su Lian
Andra : Oh, you (is/are) twins!
Una : No, we (isn’t/aren’t)
Andra : But you (is/are) exactly alike!
Su Lian : No, I (am/is) nineteen years old, but Una (isn’t/aren’t) even
Eighteen yet.
Andra : Well, I (am/is) glad to meet you.




2. Bentuk
• Test Reading Aloud
Read aloud the following text
Gardening is Indah’s hobby; she has loved gardening since she was a little girl. She used to do her gardening with her mother and her brother, Denny. Now she does her gardening herself. She has many kinds of flower and fruit trees in her garden. Her friends like to visit her garden and enjoy the beautiful flowers there. Indah is very proud of her flowers and fruit trees.
Lembar penilaian Reading aloud

Aspek Skor Total
10 15 20 25

Fluency
Accuracy
Pronunciation
Intonation

Keterangan
1. Fluency
10: Bila terjadi hesitasi
15: Bila lancar tetapi masih ada hesitasi
20: Lancar
25: Sangat lancar
2. Accuracy
10: Semua ucapan tidak dipahami
15: Sebagian kecil ucapan sudah dapat di pahami
20: Sebagian besar ucapan sudah bisa dipahami
25: Semua ucapan sudah dapat dipahami
3. Pronunciation
10: Hampir semua ucapan tidak benar
15: Sebagian kecil ucapan sudah benar
20: Sebagian besar ucapan sudah benar
25: Semua ucapan sudah benar
4. Intonation
10: Tekanan atau irama smua kata salah
15: Tekanan atau sebagian kecil kata benar
20: Tekanan atau irama sebagian kata benar
25: Tekanan atau irama semua kata, frasa, kalimat benar

3. Instrument
a. Make a sentence using (Am, Are and Is)
b. Completed this a sentences
• (+) They are playing badminton
(-)…………………………….
(?)………………………….
• (+)……………….
(-) She is not a teacher
(?)………………….
• (+)…………………….
(-)…………………….
(?) Are you reading a newspaper?


4. Pedoman nilai
Jumlah skor maksimal :
1 = 25
3a = 25
3b = 50
Nilai Siswa : Jumlah skor yang diperoleh
Kunci Jawaban
1. Andra : Hi, I am Andra
Una : Hello. We are Una and Su Lian
Andra : Oh, you are twins!
Una : No, we aren’t
Andra : But you are exactly alike!
Su Lian : No, I (am/is) nineteen years old, but Una isn’t even
Eighteen yet.
Andra : Well, I am glad to meet you.

2.
b. Completed this sentences
(+) They are playing badminton
(-) They aren’t playing badminton
(?) Are they playing badminton?
(+) She is a teacher
(-) She is not a teacher
(?) Is she a teacher?
(+) I am reading a newspaper
(-) I am not reading a newspaper
(?) Are you reading a newspaper?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar